Waspadai Penyebab-Penyebab Kanker Prostat

Menjaga dan merawat kebersihan dari kelamin laki-laki tidaklah sama dengan kelamin wanita. Laki-laki cenderung kurang peduli dengan kebersihan kelaminnya. Dengan begitu, laki-laki cenderung rentan dengan penyakit-penyakit yang menyerang kelaminnya. Dari sebagian penyakit yang sering terjadi, kanker prostat adalah penyakit yang sangat berbahaya dan bisa mengancam laki-laki manapun. Hal ini dikarenakan banyak sekali penyebab kanker prostat.

Penyakit yang menyerang bagian prostat ini, sangat sering dijumpai di kalangan para lanjut usia. Usia yang mungkin terjangkiti oleh kanker ini sekitar umur 50 tahun ke atas. Namun, tidak menutup kemungkinan beberapa penyebab kanker prostat bisa saja cepat menjangkiti anda. Fakta menunjukkan bahwa hingga tahun 2013, kematian akibat dari kanker prostat ini sudah mencapai 29.720 orang di Amerika Serikat. Fakta lain juga menyatakan bahwa Benua Eropa adalah daerah yang terhitung memiliki banyak penderita kanker prostat dibanding dengan Amerika, Asia timur atau Asia barat.
Kanker Prostat
Penyakit kanker prostat ini akan menyerang tentunya di bagian prostat kelamin laki-laki. Bagian ini adalah bagian dimana saluran kemih laki-laki dibuat dan disimpan. Karena bagian prostat ini sangat penting, penyakit-penyakit yang menyerang prostat akan mengganggu saluran kemih dan sperma. Sama halnya dengan kanker prostat, kanker ini akan segera membentuk sel-sel kanker yang memancing pembentukan gumpalan tumor di bagian prostat. Semua proses alami yang sering dilakukan laki-laki akan terasa terhambat dan sakit. Kejadian menyakitkan seperti tersendatnya saat kencing, gangguan saat berhubungan seksual bahkan disfungsi ereksi akan menghantui para penderita kanker prostat. oleh karena itu, sebelum anda terdeteksi terkena kanker prostat. Ada baiknya jika anda bisa lebih memahami beberapa penyebab kanker prostat.

Ada beberapa penyebab kanker prostat yang sudah bisa dicegah sedini mungkin. Para dokter bersepakat bahwa faktor utama dari penyebabnya ada pada obesitas, umur, dan sejarah penyakit keluarga. Namun, para dokter ini lebih memfokuskannya ke beberapa bagian umum agar bisa dipahami dan diteliti lebih lanjut.

Bagian umum yang pertama adalah faktor yang datang dari genetik. Genetik adalah faktor besar dalam penyebab kanker prostat pada umumnya. Studi kasus menggambarkan bahwa laki-laki yang terikat darah pada tingkat saudara pertama yang terjangkit kanker prostat dalam hubungan keluarga mempunyai resiko dua kali lebih besar terjangkit.

Studi lainnya di Amerika serikat menyatakan bahwa mayoritas penderita kanker prostat adalah orang yang berkulit hitam dibanding dengan kulit putih atau lainnya. penyebab kanker prostat lainnya adalah faktor pola makan. Para laki-laki harus bisa menjaga jenis dan aturan kuantitas makanan dan minumannya. Hal ini dibuktikan dengan beragam studi kasus. Contohnya seperti dalam konsumsi makanan, sayuran dan buah-buahan terbukti hanya sedikit memiliki sifat pemancing kanker prostat.  Namun, daging merah (sapi, kambing, kuda, dan lain-lainnya) dan daging yang sudah diproses terbukti bisa menambah resikonya. konsumsi multivitamin yang berlebihan dalam seminggu pun memungkinkan laki-laki lebih cepat terjangkit kanker prostat.

Faktor selanjutnya yang berkontribusi dalam penyebab kanker prostat adalah riwayat kesehatan. Telah dibuktikan bahwa obesitas bisa memicu kanker prostat dengan cepat. Dalam studi kasus tertentu ditemukan bahwa inflamasi pada prostat bisa menambah resiko terjangkit kanker prostat. Namun, dalam kasus infeksi terbukti bisa mengurangi resiko karena pembuluh darah sekitar prostat menjadi terhambat.

Faktor terakhir adalah faktor seksual. Dengan adanya kontak hubungan dan pertukaran beribu-ribu bakteri, hubungan seksual memang bisa saja menambah daftar dari penyebab kanker prostat. infeksi yang disalurkan dari hubungan seksual akan merentankan bagian prostat agar bisa dijangkiti oleh sel-sel kanker prostat. Bukti lain dari studi kasus tentang hubungan seksual terbukti hubungan seks di umur yang tidak semestinya secara bertahap menaikkan resiko penyebab kanker prostat.

Itulah penjelasan singkat tentang penyebab kanker prostat. dengan adanya penjelasan ini para laki-laki bisa menyadari betapa pentingnya kebersihan dan perawatan dari daerah kelamin mereka. Tanpa disadari, semua faktor tersebut bisa saja tidak terasa dalam tubuh. Namun, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Lebih baik mencegah saat ini daripada merasakan sakitnya nanti.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 10:40 PM Kategori: