Kenali Gejala Kanker Payudara

Payudara adalah bagian yang penting bagi wanita. Tidak hanya sebagai bagian tubuh yang menghasilkan air susu bagi bayi, payudara kadang memberikan faktor signifikan terhadap kecantikan wanita. Semua wanita menginginkan ukuran payudara yang normal dan wajar. Beberapa wanita lainnya menginginkan payudara yang besar. Ukuran payudara yang kurang wajar pertumbuhannya patut diwaspadai. Terutama kepada pertumbuhan sepasang payudara yang berbeda ukuran, anda kemungkinan didiagnosa terkena kanker payudara. Perubahan bentuk maupun ukuran termasuk salah satu gejala kanker payudara.

Kanker payudara adalah penyakit yang menyerang jaringan sel payudara. Penyakit ini akan membentuk tumor yang bisa menjadi ganas merusak bagian payudara. Karena gejala-gejala kanker payudara ini tidak langsung terlihat. Maka para wanita diharapkan terus mengawasi pertumbuhan payudaranya. Fakta mengejutkan terjadi dalam penelitian kasus pada kanker payudara. Dikatakan bahwa, kasus kematian wanita kedua terbanyak adalah akibat dari kanker payudara. Maka dari itu, saat inilah waktu yang baik untuk para wanita mengenali gejala datangnya penyakit kanker payudara.
Kanker Payudara
Perlu diperhatikan bahwa saat pertama kali penderita didiagnosa kanker payudara. Gejalanya tidak ada sama sekali. Untuk itu perlu adanya deteksi dini dengan mengikuti beberapa tahapan pemeriksaan rutin kepada tubuh anda.
  1. Tanda pertama yang bisa ditandai pertama adalah adanya gumpalan atau benjolan pada payudara atau ketiak setelah mengalami menstruasi. Inilah awal mula dari gejala kanker payudara yang terlihat. Suatu benjolan yang muncul memang kadang berhubungan dengan kanker payudara, namun dalam benjolan tersebut tidak terasa sakit. Deteksi dini dengan mammogram mungkin bisa langsung terlihat apakah benjolan itu berbahaya atau tidak.
  2. Gejala selanjutnya adalah adanya lebam pada ketiak.
  3. Rasa sakit atau rasa empuk pada payudara bisa dianggap sebagai salah satu gejala kanker payudara. Walaupun pada kasus gumpalan atau benjolan tidak terasa sakit.
  4. Perubahan bentuk mendatar atau menurun pada payudara. Hal tersebut memungkinkan anda bisa saja didiagnosa sebagai salah satu gejalanya.
  5. Perubahan ukuran, kelenturan, tekstur atau juga suhu payudara. Perubahan warna kulit menjadi merah kekuningan bisa dianggap sebagai kanker payudara stadium lanjut.
  6. Perubahan Kekenyalan, rasa gatal, rasa terbakar, atau melebam pada puting juga dianggap sebagai tanda gejala kanker payudara.
  7. Warna tidak biasa yang terlihat jelas, terlihat berdarah atau warna lainnya pada puting.
  8. Adanya area benjolan kecil di dalam kulit.
Itulah gejala-gejala kanker payudara yang bisa terlihat oleh diri sendiri. Namun jangan panik dahulu apabila memang situasi yang digambarkan di atas terjadi. Coba ikuti cek payudara oleh diri sendiri yang telah didesain oleh dokter.
  1. Di kamar mandi, anda bisa menggunakan jari anda untuk memijat seluruh bagian payudara dengan gerakan melingkar. Buatlah gerakan itu dari bagian luar ke tengah. Periksa seluruh payudara dan ketiak anda setap bulan. Waspadai jika timbul adanya gumpalan atau pengerasan.
  2. Di cermin, anda bisa melihat langsung bagaimana bentuk payudara anda. Cek jika ada perubahan kekenyalan, kekencangan kulit, dan puting. Gerakan yang anda bisa lakukan adalah letakkan kedua lengan anda di bagian paha. Bandingkan ukuran kedua payudara anda.
  3. Saat berbaring, tisu payudara anda melebar hingga bagian dada. Baringkan posisi anda dengan bantal di kepala. Gerakkan tangan kiri anda dengan lembut pada payudara kanan anda hingga ketiak. Tekan dengan perbedaan tekanan untuk mengecek adanya gumpalan. Tekan dengan lembut puting anda untuk mengecek perubahan tertentu.
Dengan mengetahui gejala kanker payudara dan pengecekan kanker payudara, mudah mudahan kasus penyakit semakin berkurang. Semoga bermanfaat

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 5:32 PM Kategori: