Mengatasi Rambut Rontok Dengan 7 Perawatan Mudah

Rambut adalah mahkota dari penampilan wanita maupun pria. Banyak pria yang mengandalkan gaya rambut yang trendy untuk menunjang penampilannya. Sama halnya dengan wanita, hampir semua wanita merawat rambut nya dengan berbagai perawatan khusus. Namun apa yang terjadi jika saat menyisir atau hanya mengibaskan rambut anda, beberapa helai rambut jatuh? Kejadian seperti ini memang sering terjadi baik pria dan wanita. Namun jika rambut yang rontok terjadi terus menerus, akan mengganggu penampilan bahkan kepercayaan diri akan menurun. Penyebab dari rambut ini beragam, mulai dari usia, perubahan hormon yang tidak seimbang, menstruasi, hormon testosteron yang melampaui batas, penggunaan pil KB, kehamilan, pra dan pasca menopause. Mengatasi rambut rontok harus dengan perlakuan yang lembut, karena akar rambut dan kulit kepala sangat sensitif.
Mengatasi Rambut Rontok
Bagi anda yang merasakan rambut anda mulai banyak berjatuhan atau rontok. Ada 7 perawatan untuk mengatasi rambut rontok yang bisa anda ikuti.
  1. Ketika anda memutuskan mewarnai rambut, jangan mewarnai rambut dengan pewarna berlebihan. Pewarna rambut pastinya mengandung zat kimia yang kurang baik bagi pertumbuhan rambut. Jika memang terjadi rambut rontok, hilangkan sejenak pewarna rambut anda untuk mengatasi rambut rontok anda.
  2. Jangan mengeringkan dengan media apapun setelah selesai berkeramas. Penggunaan hair dryer akan mengeringkan rambut anda lebih cepat namun beresiko merusak rambut. Rambut yang dikeringkan dengan hair dryer akan lebih kering daripada biasanya. Mengeringkan rambut tanpa bantuan apapun bisa membuat rambut lebih sehat.
  3. Jangan dibiasakan menyisir rambut saat rambut masih dalam keadaan basah. Hal ini akan memicu rambut rontok yang lebih daripada biasanya. Cukup menghindari menyisir rambut basah dan menunggu rambut anda hingga kering.
  4. Memotong pendek rambut yang panjang namun tipis, akan menunjang penampilan anda menjadi lebih rapih. Dengan model rambut pendek dan tipis, juga membantu anda mengatasi rambut rontok berlebihan.
  5. Faktor keturunan juga mempengaruhi rontoknya rambut anda. untuk mengatasi rambut rontok seperti ini, gunakan cairan yang mengandung monoxidin. Kandungan monoxidin akan membantu mengembalikan kesuburan rambut anda dan memperlambat proses rontoknya rambut pada pria maupun wanita.
  6. Bagi anda yang lebih nyaman memakai topi sehari-hari, bisa saja memicu rambut rontok. Suhu panas yang terkumpul di dalam topi mengakibatkan kulit kepala yang sensitif tidak sehat. pasokan udara yang masuk untuk rambut dan kulit kepala akan sedikit. Cara mengatasi masalah ini mudah, gunakan topi hanya jika berlindung saat sinar matahari langsung ke kepala.
  7. Asupan protein sangat dibutuhkan tidak hanya untuk tubuh. Kulit kepala yang kurang protein menjadikan proses pemulihan sel-sel dan rambut terhambat. Makanlah makanan yang tentunya berprotein tinggi dari hewan atau keju. Zat besi pun dibutuhkan agar mengatasi rambut rontok berlebih. Sereal, kacang-kacangan, unggas dan sayuran hijau memiliki zat besi yang cukup bagi tubuh.
Itulah sekiranya 7 perawatan rambut yang bisa anda lakukan dengan mudah dan praktis. Rambut yang sehat dan kuat akan menunjang penampilan dan kepercayaan diri anda secara signifikan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan selamat mencoba.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 4:03 PM Kategori: