Jangan Melupakan Bahaya Merokok

Rokok sudah bisa didapatkan dimanapun dengan mudah. Siapapun orangnya, berapapun usianya bisa membeli rokok. Inilah kenyataan pahit yang terjadi di Indonesia. Aturan yang berlaku di Indonesia sepertinya diabaikan begitu saja. Bercermin pada negara tetangga, mereka menyiasati bahaya merokok dengan cara yang efektif pada bungkus rokok yang dijual. Mereka memberikan contoh nyata gambar dari bahaya yang kemungkinan akan terjadi. Dengan begitu, para pembeli akan mempertimbangkan lebih daripada biasanya.

Indonesia pada saat ini sudah berada di peringkat 3 negara terbanyak pengkonsumsi rokok. Rokok itu sendiri sudah menjadi simbol pencitraan lelaki tangguh. Dengan adanya peranan rokok seperti itu menimbulkan budaya yang salah hingga sekarang. Anak-anak di bawah umur pun menjadi korban dari budaya salah ini. Jika di label yang tertera biasa nya hanya memperingatkan rokok akan mengakibatkan serangan jantung, impotensi dan gangguan kepada ibu hamil. Apakah hanya itu saja bahaya merokok? Di kesempatan ini kita akan mengetahui setiap zat-zat yang terkandung dalam rokok yang mungkin terlewati oleh kita.
Bahaya Merokok
Perlu diketahui, satu batang rokok yang sudah disulut api akan menghasilkan lebih dari 4000 bahan beracun. Diantara 4000 bahan kimia beracun tersebut terdapat beberapa bahan diluar anjuran konsumsi manusia seperti Polonium-201, acetone, ammonia, naphathalene, DDT, arsenic,dan hidrogen sianida.
  • Zat polonium-201 adalah zat yang termasuk radioaktif yang sangat berbahaya bagi tubuh. –
  • Zat acetone sendiri adalah zat yang membantu dalam pembuatan cat. 
  • Zat ammonia yang sering dijumpai di pembersih lantai.
  • Zat Hidrogen sianida adalah zat yang sering digunakan pada hukuman mati.
Itulah beberapa zat-zat yang memang tidak terlihat langsung bahaya merokok hanya satu batang. Namun, ada beberapa zat yang terkandung dalam rokok seperti Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Dengan mengkonsumsi zat ini dalam jumlah berlebihan tidak mungkin akan menyehatkan badan kita. Maka inilah gambaran penting dari zat-zat tersebut

Tar
Karsinogen yang terkandung dalam Tar adalah zat yang bisa memancing resiko penyakit kanker. Tar itu sendiri masih memiliki 43 zat lainnya terkandung. Kandungan Tar pada rokok akan mengganggu keadaan mulut seperti gigi menguning, penyakit gusi hingga kanker mulut. Selain itu kandungan Tar pada rokok akan mengganggu bagian silia (berbentuk rambut) di paru-paru

Nikotin
Zat ini yang paling mudah dikenal pada semua jenis rokok.  nikotin sangat merusak tubuh perokok. Zat yang bisa merusak reflek otak dan pastinya tubuh anda. Satu hisapan rokok akan menyebarkan nikotin ini ke seluruh tubuh dengan cepat. Nikotin menyerang bagian pusat syaraf di otak. Dengan begitu gejala-gejala seperti cepat marah, cemas atau gelisah, dan mudah stress. Nikotin dalam kuantitas tinggi juga akan mengakibatkan kolesterol pada darah naik. Hal ini yang mengakibatkan rokok bisa mengakibatkan serangan jantung. Walaupun pada awalnya nikotin sebagai obat, Namun, disalah gunakan pada rokok yang menjadi salah satu zat yang menekankan bahaya merokok, sehingga banyak orang yang sulit untuk berhenti merokok jika zat tersebut sudah terlalu banyak tertampung dalam tubuh.

Karbon Monoksida
Zat yang sering keluar dari emisi kendaraan ini terkandung dalam rokok. dengan menghirup karbon monoksida akan menghambat oksigen ke tisu-tisu paru-paru. Zat  ini sangat berbahaya jika dihirup terus menerus akan mengakibatkan kematian

Setelah melihat zat apa saja yang terkandung dalam rokok, kita harus lebih memelihara kesehatan tubuh kita. Berilah asupan makanan dan minuman yang sehat bagi tubuh kita. Walaupun memang masih legal di Indonesia, sepuntung rokok tentunya tidak baik untuk kesehatan baik sekarang maupun ke depannya. Jadi, alangkah lebih bijak jika kita bisa menghindari bahaya merokok sedari dini.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 7:55 PM Kategori: