PENYAKIT JANTUNG

Jantung adalah bagian yang paling penting dalam tubuh manusia. Karena jantung memiliki banyak fungsi dan kegunaan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga jika ada yang salah dengan jantung, maka bagian tubuh yang lain tidak akan berfungsi dengan baik. Jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dan darah tersebut adalah darah yang dibutuhkan oleh bagian tubuh lainnya. Jika penyakit jantung melanda seorang manusia, maka hal itu bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Karena sama dengan bagian tubuh yang lain, jantung juga bisa diserang oleh berbagai penyakit apapun. Dan ada beberapa gangguan yang akan mengakibatkan jantung tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Sehingga mengganggu cara kerja organ jantung tersebut. Penyakit yang sering muncul pada jantung adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini bisa menyebabkan serangan jantung mendadak hingga seseorang mengalami kematian mendadak.
Serangan Jantung
Penyakit jantung koroner adalah sejenis penyakit yang disebabkan oleh penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri yang ada di bagian jantung tersebut. Dan hal itu disebabkan oleh penumpukan zat lemak yang jumlahnya berlebihan di bagian dinding nadi pembuluh koroner. Banyak orang yang sudah lanjut usia yang terkena jantung koroner tersebut. Walaupun tidak sedikit juga orang yang masih berusia muda yang mengalami penyakit jantung koroner hingga ada banyak orang yang masih berusia muda terkena jantung hingga mengalami kematian yang bisa dibilang mendadak. Ada beberapa hal yang bisa dijadikan penyebab adanya gangguan pada jantung ini. Yaitu diantaranya adalah gaya hidup yang kurang sehat yang sering mengkonsumsi rokok, hipertensi, kurangnya bergerak atau kurang berolahraga, sampai penyakit kolesterol yang dapat menyebabkan pembekuan pembuluh darah.

Dengan gaya hidup yang tidak sehat tersebut dapat berakibat fatal pada jantung. Misalnya aliran darah yang harusnya mengalir ke jantung menjadi terhambat sehingga mengganggu kerja jantung tersebut sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Dan hal itu pulalah yang menyebabkan serangan jantung mendadak. Dan bisa dikategorikan sebagai serangan jantung mendadak yang dapat merenggut hidup seseorang. Selain penyakit jantung koroner ada juga penyakit yang memang sudah ada sejak dahulu. Yaitu penyakit bawaan dari lahir yang di mana adanya kelainan pada jantung dengan bentuk jantung yang tidak sempurna. Dan hal itu pula lah yang menyebabkan jantungnya tidak dapat bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Kelainan penyakit jantung bawaan sejak lahir tersebut biasa disebut dengan kelainan jantung dan melemahnya otot jantung. Hal tersebut juga sama berbahayanya dengan penyakit jantung yang lain. Walaupun ada pula penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada jantung. Jika tidak ditangani dengan baik hal itu juga bisa merenggut nyawa seseorang. Karena sekali lagi, jantung adalah organ tubuh manusia yang sangat penting dan harus dijaga dengan baik.

Ada beberapa gejala yang biasa terjadi pada seseorang yang terkena penyakit jantung. Diantaranya yaitu nyeri di bagian dada. Nyeri tersebut biasanya bukan nyeri biasa yang berulang dan terjadi secara terus menerus. Lalu sesak nafas. Nafas terasa sesak dan seperti sulit bernafas seperti biasanya. Debar jantung yang tidak menentu seperti saat kita sedang berlari adalah salah satu gejala penyakit jantung yang harus segera diwaspadai. Kepala seperti melayang dan seperti mau pingsan. Hal tersebut bisa terjadi pada orang yang terkena gangguan jantung.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 6:52 AM Kategori: