Jangan Menyerah dalam Menghilangkan Ketombe

Rambut anda adalah mahkota yang bisa menunjang dengan penampilan anda. Semakin lebat rambut, semakin susah juga perawatannya. Banyak sekali gangguan yang bisa bersarang dalam rambut kita. Kutu dan ketombe adalah hal yang memang biasa sering menjadi wabah yang mengganggu aktifitas sehari-hari. Ketombe berasal dari proses pergantian sel kulit yang mati dan menumbuhkan jamur bernama malassezia. Hal ini masih dianggap wajar jika ketombe di kepala tidak menimbulkan gatal atau hingga warna kulit kepala kemerahan. Jika kondisi ini tetap dipertahankan maka ketombe tersebut bisa menumpuk dan jika anda mengibaskan kepala saja, ketombe tersebut akan berserakan mengotori penampilan anda.
Cara Menghilangkan Ketombe
Sudah banyak shampo yang bisa menghilangkan ketombe dengan cepat. Namun tidak semua orang merasakan khasiat yang sama menggunakan shampo. Hal ini dikarenakan kulit kepala memiliki karakteristik yang berbeda- beda. Oleh karena itu, beberapa informasi di bawah ini bisa membantu anda dalam menghilangkan ketombe di kepala secara efektif.
  1. Biasakan menggunakan shampo yang sesuai dengan kulit dan alergi anda untuk menghilangkan ketombe. Shampo yang tidak sesuai mungkin tidak akan memberikan efek yang baik malah merugikan anda nantinya. Jika anda memang tidak menemukan shampo yang cocok maka konsultasikan pada dokter anda agar bisa dicarikan shampo yang berkarakter khusus.
  2. menyampo rambut anda sangat baik jika dilakukan sehari sekali. Namun jika kejadian ketombe menumpuk maka tambahkan sekali lagi menyampo rambut anda sehari nya. Selain itu, ingat bahwa faktor terjadinya ketombe berlebih bukan saja dari sifat alami rambut melainkan juga adanya jamur yang hinggap di kepala anda. Gunakan juga shampo yang mengandung anti bakteri dan anti jamur untuk menghilangkan ketombe secara efektif.
  3. rontoknya rambut anda mungkin terjadi karena adanya ketombe berlebih. Maka dari itu, hentikan sementara kegiatan berhias yang berhubungan dengan rambut seperti menggunakan hairdryer atau  mengecat rambut. Hal ini bisa membuat kesehatan rambut di kepala anda dua kali lipat memburuk.
  4. Jauhi produk yang bersifat lengket untuk kepala anda. Gel rambut dan spray kadang membuat kondisi kepala anda menjadi tidak seimbang. Kadar minyak akan bertambah dan suhu di kulit kepala terasa kering dan lembab. Kondisi seperti inilah yang akan mempersulit menghilangkan ketombe
  5. jangan sering menggaruk kepala anda. Garukan anda di kulit kepala bisa menyebabkan rusaknya kulit sensitif. Hal ini akan berakibat anda tidak bisa menggunakan shampo khusus ketombe seperti biasanya.
  6. Setelah berkeringat, langsung mandi. Keringat memang tanda bagus untuk tubuh. Namun ternyata, keringat akan membuat sel kulit kepala terlepas lebih cepat. Oleh karena itu, jangan menunggu keringat itu kering, segeralah mandi .
  7. Jika anda merasa menyerah dengan semua produk shampo yang ada. Mari kita gunakan bahan-bahan alami yang ada seperti: 
  • cuka putih :  tinggal campurkan cuka satu sendok dengan air. Basuh cuka yang telah tercampur saat berkeramas. Cara lain adalah campurkan saja langsung cuka yang telah diberi air ke dalam shampo.
  • Soda kue : ratakan kulit kepala anda dengan soda kue. Gosok dengan lembut kepala anda yang telah basah. Bilas dengan air hingga soda kue tersebut hilang.
  • Jeruk nipis : ratakan kulit anda dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Diamkan untuk sesaat agar air jeruk tersebut meresap ke akar sel kulit kepala. Untuk membilasnya gunakan segelas air dan jus lemon dan diamkan kembali
  • Garam : sebelum anda membilas shampo dengan air, gosokkan merata pada kulit kepala anda. Lalu diamkan sementara dan basuh.
Dengan memiliki kepala yang bebas ketombe, kepercayaan diri pun kembali. Semoga informasi cara menghilangkan ketombe tersebut dapat membantu anda.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 7:19 PM Kategori: